FKIP UNPAS pilihan pasti setiap generasi

Home

Sejarah Prodi BI

SEJARAH SINGKAT

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA, SASTRA INDONESIA DAN DAERAH

 

Pada tanggal 10 Mei 1982, Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Berdiri. Bapak Drs. H.S. Maman Sudyaatmadja sebai pimpinan fakultas saat itu mengambil sikap dan strategi yang cerdas dalam menyikapi kondisi minat masyarakat. Berdirinya beberapa prodi baru memicu respon yang baik. Hal ini dibuktikan oleh meningkatnya jumlah mahasiswa saat itu.

Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah untuk pertama kali dipimpin oleh Bapak Drs. Kosadi Hidayat dan sekretarisnya adalah Ibu Dra. Sulvia Hidayat. Rentang periodi jabatan keduanya adalah dua periode yaitu mulai tahun 1982 s.d 1988. Sebagai prodi yang baru berdiri, Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah merupakan prodi yang memiliki peminat cukup banyak. Kondisi saat itu belum banyak prodi serupa di kota bandung bahkan mungkin skup Jawa Barat.

 

Pada tahun ini Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah berusia 34 tahun. Usia tersebut sudah bisa dikatakan cukup untuk disebut sebagai suatu prodi yang berpengalaman dan matang. Selama itu pula Prodi mengalami berbagai perkembangan dan perubahan, sesuai dengan perkembangan zaman dan pemerintahan dewasa ini.

 

Dalam kurun waktu yang mendekati setengah abad ini, Program Studi Pendidikan Bahasa, sastra Indonesia, dan Daerah   telah banyak memberikan warna pendidikan baik tingkat regional,  nasional, maupun internasional. Dari gapura Prodi inilah telah lahir ribuan sarjana pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang mengabdi sebagai tenaga pendidik berjenjang strata I, dan tersebar di seluruh wilayah NKRI. Di samping itu  Prodi telah banyak pula menghasilkan penulis-penulis handal, baik dalam bentuk sastra maupun bahasa Indonesia dan pengajarannya.

Perkembangan dan perubahan selalu menjadi prioritas dalam melakukan inovasi demi terwujudnya kepuasan para mahasiswa yang siap bekerja seajalan dengan kebijakan-kebijakan baru yang di keluarkan oleh pemerintah. Perubahan yang terjadi dapat terlihat  baik dari pelayanan, inprastruktur, maupun kurikulum. Berikut ini sekelumit kisah yang terdokumentasikan.

 

Periode Pendirian (1979-1988)

 

Pada saat itu, pendirian jurusan dimotori dan didukung oleh beberapa dosen dari IKIP Bandung, oleh karena itu pimpinan jurusan pada saat itu diketuai oleh Drs. Kosadi Hidayat yang dibantu oleh seorang sekretaris jurusan yang kebetulan sebagai dosen DPK Kopertis wilayah IV Jawa Barat, yaitu Dra. Sulvia Hiadayat. Dengan penuh semangat para pendiri jurusan berusahan untuk mendapatkan legalitas pendirian jurusan tersebut, dan perjuangan itu menhasilkan  SK pendirian PS: 07–1979. Pejabat Penandatangan SK Pendirian PS : Dr. Daud Joesoef, adapun bulan dan tahun  dimulainya penyelenggaraan PS yaitu: 10 Mei 1982.

 

Dengan status  akreditasi terdaftar dan kampus yang pada saat itu masih menumpang di sekolah SPG/SMA Pasundan yang berlokasi tidak terlalu jauh dengan IKIP Bandung tepatnya di Jalan Cihampelas, jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia mulai menggeliat yang ditandai dengan penerimaan mahasiswa baru yang begitu tinggi untuk ukuran prodi yang baru berdiri, dengan pelaksanaan perkuliahan sore hari (16.00 s.d 21.30 wib). Ternyata tidak membuat masalah bagi mereka. Ini terbukti oleh salah satu alumni pada saat itu yang bernama Wilson Nadeak, yang sampai saat ini beliau sebagai penulis buku. Adapun target yang diharapkan pda saat pendirian jurusansebagai berikut.

  1. Menyerap beberapa calon mahasiswa yang tidak lulus penyaringan di perguruan tinggi negeri.
  2. Mendidik, membina, serta melatih para mahasiswa menjadi guru yang memiliki pengetahuan dalam bidangnya yang dilandasi “Luhung Elmuna, Pengkuh Agamana, dan Jembar Budayana”.

 

Setelah mendapatkan apresiasi yang baik dari masyarakat, Jurusan BI semakin menyiapkan  tenaga pendidiknya yang berkualitas dengan banyaknya dosen DPK yayasan dan Kopertis Wilayah IV yang menjadi dosen tetap di Jurusan, di antaranya; Drs. Iton Kach Jaya Wisastra (Alm), Dra. Titin Nurhayatin, Drs. M. Musadadd Abdul Azzis, Dra. Nine Rusmiati, Dra. R. Panca Pertiwi,Dra. Euis suherti. Sedangkan dosen LB yang didatangkan dari FPBS IKIP Bandung pada saat itu di antaranya: Prof. Dr. Ahmadslamet, Prof. Dr. H. Yus Rusyana, Prof. Dr. Hendrik Guntur Tarigan (Alm), Drs. KH. Muslim Nurdin, (Alm), Drs. Yoyo Mulyana (Alm) Drs. Djago Tarigan (Alm), Drs (Alm). Iyo Mulyono, Dra. U. Sumartini Suwandi, Dra. Ice Sulastri (Alm), Drs. H. Kosim Kardana (Alm), Drs. H. Sukandi, Drs. ME. Suhenda (Alm)r, Drs. Alam Sutawidjaya (Alm), Drs. Achlan Husein, Drs. Iskandar Wasid, Drs. Supriyadi Drs. Odo Fadloli, dan sebagainya.

 

Periode Peralihan (1988)

 

Dengan semakin banyaknya peminat dibeberapa jurusan yang berada di FKIP Unpas, pimpinan fakultas beserta para pembantu dekan pada saat  itu memiliki inisiatif dengan membeli lahan baru yang berada di Melong Asih, bahkan di tamansari yang satu lokasi dengan Rektotar, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, yang kemudian dibangun menjadi gedung perkuliahan yang megah pada saat itu.

 

Pada  pertengahan tahun 1988, FKIP dengan  semua jurusan yang dimilikinya pindah ke kampus yang baru dan megah yang berlokasi di jalan Tamansari no.6-8, dengan di ketuai oleh Dr.H. Kosadi Hidayat, M.Pd, serta dibantu oleh sekretaris yaitu Drs. Musadad A.A. kita menempati gedung baru yang representatif, tidak lama kemudian status akreditasipun meningkat dari status diakui meningkat dalam kurun waktu 2 (dua) tahun kemudian disamakan. Pada tahun 1990-1991 mulailah jurusan menerima dosen yayasan yang berasal dari alumni, yang pada sasaat itu istilahnya asistensi, yaitu: 1. Drs. Gunawan Undang 2. Drs. Supian, 3. Drs. Dindin M.Z.M.

 

Periode Perkembangan (1992 sampai sekarang)

Dari masa perkembangan ini dengan sistem akrediatasi yang semakin ketat, Prodi BI pada tahun 1997 langsung mendapatkan akreditasi B. Pada tahun 2002 dengan dukungan dari semuapihak Prodi ini berhasil mendapatkan akreditasi A sampai dengan tahun 2009. Sitem akreditasi yang semakin ketat dan menitik beratkan pada SDM tenaga pengajar cukup membuat kalang kabut karena sepeninggal dosen-dosen senior prodi ini harus menelan pil pahit dengan turunnya akreditasi menjadi B. Namun kepahitan itu tak membuat prodi menjadi buruk, justru trobosan-terobosan senantiasa dilakukan. Selain itu hampir semua prodi serupa mengalami penurunan akreditasi dan kami masih termasuk prodi yang bisa diperhitungkan.

 

Jumlah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa, sastra Indonesia, dan Daerah yang aktif kurang lebih 780 orang dari semua angkatan (hanya menerima 3 kelas per angkatan), sampai saat ini animo masyarakat masih tinggi bukan hanya dari wilayah Jawa Barat dan Banten, melainkan dari luar pulau Jawa dan manca negara seperti;  Thailan, Filipina, China, Canada Semua ini merupakan kepercayaan besar bagi Program Studi Pendidikan Bahasa, sastra Indonesia, dan Daerah.

Ini semua berkat kerja keras dari pimpinan prodi beserta jajarannya dari awal berdiri sampai sekarang, yaitu:

Periode 2012 s.d 2016

Ketua                      : Dr. Titin Nurhayatin, M.Pd

Sekretaris              : Drs. Dindin Muhamad Zaenal Muhyi, M.Pd

Periode 2008 s.d 2012

Ketua                      : Dr. Hj. R. Panca Pertiwi., M.Pd

Sekretaris              : Dra. Hj. Sulvia Hidayat, M.Pd

Periode 2004 s.d 2008

Ketua                      : Dra. Hj. R. Panca Pertiwi., M.Pd

Sekretaris              : Dra. Hj. Sulvia Hidayat, M.Pd

Periode 2000 s.d 2004

Ketua                      : Dra. Hj. Nine Rusmiati

Sekretaris              : Dra.R. Panca Pertiwi., M.Pd

Periode 1996 s.d 2000

Ketua                      : Dra. Hj. Nine Rusmiati

Sekretaris              : Dra.R. Panca Pertiwi., M.Pd

Periode 1992 s.d 1996

Ketua                      : Dra. Hj. R. U. Sumartini Suwandi, ., M.Pd

Sekretaris              : Drs. M. Musadaad A.A

Periode 1988 s.d 1992

Ketua                      : Dra. Hj. R. U. Sumartini Suwandi, ., M.Pd

Sekretaris              : Dra. Sulvia Hidayat

Periode 1984 s.d 1988

Ketua                      : Drs. Kosadi Hidayat, M.Pd

Sekretaris              : Dra. Sulvia Hidayat

Periode 1982 s.d 1984

Ketua                      : Drs. Kosadi Hidayat

Sekretaris              : Dra. Sulvia Hidayat 

 

Dengan didukung para Dosen tetap:

Prof. Dr. H. Ahmadslamet Harjasujana

Dr. Titin Nurhayatin, M.Pd

Dra. Hj. Nine Rusmiati, M.Pd

Dr. Hj. R. Panca Pertiwi H., M.Pd

Drs. M. Musaddad Abdul Aziz,. M.P.DI

Drs. Dindin M.Z.M., M.Pd

Dra. Any Budiarti, M.Hum

Drs. Dheni Hermaen, M.Sen.

Aries Setia Nugraha, S.Pd., M.Pd.

Setiawan, S.Pd. M.Pd.

Marlia, S.Pd., M.Hum.

Meity Uratiningsih, S.Pd., M.Pd

Desti Fatin Fauziyyah, S.Pd., M.Pd.

Adi Rustandi, S.Pd., M.Pd.

Yeni Cania Puspita, S.Pd., M.Pd.

Frilia Shantika Regina, S.Pd., M.Pd.

Rendy Triandy, S.Pd., M.Pd.

Eggie Nugraha, S.Pd., M.Pd.

 

Dosen Luar Biasa:

Prof. Dr. H. Yus Rusyana

Prof. Dr. H. Kosadi Hidayat, M.Pd

Prof. Dr. H. Yayat Suddaryat, M.Hum.

 

Perbaikan dan pembenahan senatiasa dilakukan hingga sekarang. Tiada lain semua hal dilakukan untuk menjaga mutu dan mempertahankan kepercayaan masyarakat pada alamamater.