FKIP UNPAS pilihan pasti setiap generasi

Home

Visi, Misi dan Tujuan Program studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah

Visi

Menghasilkan tenaga pendidik profesional bidang bahasa dan sastra Indonesia yang memiliki daya saing secara nasional dan internasional dengan mengusung nilai-nilai keislaman dan kesundaan pada tahun 2021.


Misi:

  1. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk menyiapkan tenaga pendidik yang kompeten dan kompetitif dengan dilandasi nilai-nilai keislaman dan kesundaan sesuai dengan tuntutan kurikulum.
  2. Penelitian yang  inovatif dalam bidang kebahasaan dan kesastraan untuk diterapkan dalam pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  3. Pengabdian kepada masyarakat melalui impementasi hasil-hasil penelitian pembelajaran bahasa dan sastra.
  4. Melaksanakan kegiatan-kegiatan akademik maupun nonakademik yang berorientasi pada pengembangan kemampuan mahasiswa dalam nilai-nilai keislaman dan kesundaan, baik di dalam maupun di luar kampus.
  5. Menyelenggarakan kerja sama akademik dan nonakademik yang berorientasi pada peningkatan kemampuan mahasiswa yang memiliki daya saing secara internasional.

Tujuan

Penyelenggaraan pendidikan pada Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan:

  1. menghasilkan sarjana pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial;
  2. menghasilkan sarjana pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
  3. menghasilkan sarjana pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dapat mengembangkan ilmu pendidikan bahasa dan sastra melalui penelitian yang inovatif, relevan dengan kebutuhan masyarakat dan dapat mengantisipasi perkembangan global;
  4. menghasilkan sarjana pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dapat mengimplementasikan ilmu untuk mencerdaskan dan memberdayakan masyarakat di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia;
  5. menghasilkan sarjana pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang mampu menerapkan pembelajaran BIPA baik di tingkat nasional maupun internasional;
  6. mengembangkan dan memelihara jaringan kerja sama di bidang pendidikan dan  nonkependidikan secara nasional maupun internasional.